FLUFFY OATMEAL WAFFLE



Bismillahirrohmanirrohim

Salah 1 alternatif menu sarapan ala western selain roti dan pancake adalah waffle. Saya baru beberapa kali aja bikin waffle karena memang baru punya cetakannya hihihi. Sepertinya waffle maker ini juga bakal sering saya pakai karena selain anak-anak suka dengan waffle juga biar yang beliin seneeeng gitu dan nanti dibeliin yang lainnya hahaha. Tuuh kan balik lagi kan, semua ada pamrihnya >_<

Membuat waffle sangatlah simpel, mirip dengan kita membuat pancake. Bahan-bahannya juga tidak jauh berbeda, bahkan saya pernah juga membuat waffle dengan menggunakan resep pancake andalan. Enaak hasilnya. Waffle yang saya buat kali ini juga mirip-mirip resepnya dengan resep pancake saya. Untuk variasi saya menambahkan oatmeal. Kebetulan saya tuh gak terlalu suka dengan oatmeal kecuali kalau sudah diolah dulu. Sedangkan suami saya sering sarapan dengan oatmeal, sehingga saya harus selalu sedia oatmeal di rumah. Naah biar saya dan anak-anak ikutan makan oatmeal yang memang kaya nutrisi itu, saya harus mengolahnya lagi misalnya menjadi pancake, cake, cookies dan juga waffle ini. 




Pelengkap atau topping waffle bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Mirip dengan pancake, waffle ini bisa dinikmati dengan butter, aneka buah, madu, gula halus, selai ataupun saus favorit. Kesukaan anak saya adalah dengan menambahkan saus coklat. Kalau saya mah pakai gula halus atau butter aja deh dengan ditambahkan buah segar. 

Kunci dari pembuatan waffle yang bertekstur "fluffy" adalah dengan memisahkan kuning dan putih telurnya.Waffle ini tetap empuk ketika sudah dingin. Selain itu penggunaan buttermilk atau yoghurt juga bikin empuk waffle ini. Monggo yang pengen nyobain resepnya

FLUFFY OATMEAL WAFFLE

Bahan :
100 gr oatmeal, blender hingga halus
100 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
1/2 sdm baking powder
3 kuning telur
250 ml buttermilk
75 ml olive oil atau minyak sayur biasa
1 sdt vanilla
3 putih telur

Cara Membuat :
1. Campur oatmeal, tepung terigu, gula pasir dan baking powder. Aduk rata dan sisihkan.
2. Campur kuning telur, buttermilk dan olive oil, aduk menggunakan hand whisk hingga rata kemudian masukkan ke dalam campuran terigu. Tambahkan vanilla, aduk rata.
3. Kocok putih telur hingga kaku kemudian masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk menggunakan spatula. Do not overmix ya.
4. Oles tipis waffle maker dengan margarin kemudian panaskan (ngolesnya sekali aja ya). Tuang adonan, tutup dan biarkan hingga matang.
5. Angkat dan sajikan hangat dengan pelengkap

Notes :
- Apabila menyukai waffle yang crispy, tambahkan waktu memasaknya. Jangan terlalu lama ya agar tidak gosong.
- Waktu pemasakan tergantung waffle maker yang dipakai. 







Selamat mencoba...semoga bermanfaat yaa
 

Hanna alfira Template by Ipietoon Cute Blog Design